Sabtu, 22 Oktober 2011

Network Manager on Slackware 13.37

Assalamualaikum....
Selamat malam dunia, sekarang jam saya menunjukkan pukul 00.55 waktu palu barat dan saya ingin membagikan sedikit tutorial walaupun sudah banyak sih diinternet tapi saya lagi giat-giatnya melakukan dokumentasi tentang apa yang saya lakukan.... jadi ya terserah saya dong mau nulis ulang.... :D

Network Manager adalah sebuah antarmuka jaringan yang dibuat untuk membantu Anda mengelola perangkat jaringan dan koneksi ke Internet secara terpusat. Tujuannya adalah untuk membuat jaringan "hanya bekerja" dengan mudah tanpa perlu seorang pengguna mengetahui bagaimana cara menyeting jaringan secara mendetail (tersedia bagi mereka yang ingin melakukannya). Network Manager menyediakan cara mudah untuk mengatur akses koneksi melalui jaringan kabel (Wired), Nirkabel (Wireless), Modem USB, Modem ADSL dan bahkan Virtual Private Network (VPN). Network Manager tersedia untuk semua distro Linux yang menggunakan manajemen dekstop GNOME. Kemudahan dalam pengaturan konektivitas jaringan yang di tawarkan Network Manager adalah cukup dengan menggunakan fungsi klik-kiri dan klik-kanan pada mouse. Sebuah klik-kiri mouse pada applet akan menampilkan kotak dialog dan memungkinkan jenis perubahan cepat sedangkan klik-kanan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan, melihat informasi tentang koneksi Anda saat ini, dan mengedit koneksi dengan cepat dan mudah.


Distro Linux Slacware13.37 sudah menyediakan antarmuka jaringan yakni wicd tapi dari pengalaman saya aplikasi tersebut belum bisa memenuhi
keinginan saya yang telah terbiasa menggunakan distro linux yang menggunakan NetworkManager sebagai antarmuka jaringannya. Untuk itu saya akan mencobanya di Slackware13.37... cekidot..
-http://task3.cc/190/networkmanager-on-slackware-13-37/ (saya mengikuti tutorial yang ada disitus itu)
-Saya mencari semua paketnya di http://pkgs.org
-kumpulkan semua paket yang sudah didownload dan lakukan penginstalan
  installpkg *.txz
-Trus akrifkan daemonnya (hasil chatting dengan ibnu yahya salah satu peternak linux dikota palu)
  /etc/rc.d/rc.networkmanager start
-Kemudian jalankan aplikasinya
  nm-applet
  nm-applet: error while loading shared libraries: libgnome-keyring.so.0: cannot open shared object file: No such file or directory
-Jika teman-teman mendapatkan hal serupa coba download paket libgnome-keyring milik distro lain.
-ubah paket .rpm menjadi .txz menggunakan rpm2txz
  rpm2txz libgnome-keyring-3.0.3-1.fc15.i686.rpm
-jalankan kembali dengan perintah nm-applet

alhamdulillah ya ikon NetworkManager sudah muncul..

selamat berinternet ria......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar