Senin, 28 November 2011

memperbaiki kerusakan pada flashdisk

Assalamualaikum...

beberapa minggu ini saya sering mendapatkan keluhan dari teman-teman yang flashdisknya bermasalah misalnya tidak bisa diformat dan filenya tidak bisa dihapus entah itu disebabkan karena virus atau memang perangkatnya yang rusak...... saya juga tidak tau.... :D 

setelah saya mengeceknya dengan perintah fdisk -l terlihat bahwa flashdisk tersebut telah terbagi menjadi beberapa partisi seperti gambar dibawah ini :



semakin dilihat semakin bingung saya kenapa bisa seperti itu... heheheheh 

tidak perlu dilihat terlalu lama mari kita coba untuk memperbaikinya, berikut langkah-langkah yang saya lakukan :
- lepaskan flashdisk dari sistem dengan perintah umount -a.
- cek posisi flashdisk, gunakan perintah fdisk -l dilihat dari gambar diatas posisi flashdisk ada pada /dev/sdb.
- format flashdisk dengan perintah cfdisk /dev/sdb pilih new-primary-bootable-write kemudian ketik yes.
- jalankan kembali perintah fdisk -l terlihat bahwa flashdisk telah membentuk satu partisi yakni /dev/sdb1.








- agar bisa diakses oleh sistem NTFS atau FAT gunakan perintah mkfs.vfat /dev/sdb1.
- setelah selesai, cabut flashdisk dan colok kembali insya Allah flashdisk akan normal kembali... :D

semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua.... :D

INGAT :
- pastikan posisi flashdisk yang anda ketik tepat misal /dev/sdb1 jangan sampai salah karena bisa saja anda memasukkan posisi harddisk anda.
- cara diatas merupakan hasil dari coba-coba mungkin ada cara lain yang lebih tepat dari teman-teman mohon di bagi..... :D

2 komentar: