Selasa, 24 April 2012

rasakan sensasi gnome 3.2 di slackwaremu

assalamu'alaikum.

beberapa hari yang lalu saya sempat berhasil melakukan instalasi gnome3.2 bawaan gnomeslackbuild pada slackware13.37. untuk mengetahui apa itu gnome silahkan baca-baca dulu disini.

sebenarnya pada situs resmi gnomeslackbuild sudah diberitahukan cara instalasi gnome pada distro slackware, jadi kita sebagai pengguna awam dapat dengan mudah mengikutinya

untuk melakukan instalasi terdapat 2 cara yakni online dan offline. online, tinggal mengetikkan satu perintah dan gnome telah berada di hadapan anda, sedangkan offline, download semua file gnome dan lakukan penginstalan satu persatu. silahkan dipilih.. :D

berhubung saya termasuk golongan orang yang telat rajin jadi saya lebih memilih opsi satu. oke mari kita lanjut ke TKP..

ketikkan perintah lynx --source http://gnomeslackbuild.org/net-install | bash untuk 32 bit dan lynx --source http://gnomeslackbuild.org/net-install/64 | bash untuk 64 bit. kecepatan download tergantung dari berapa anda membayar internet. ingat sediakan teh dan roti biar acara menunggu anda tidak membosankan.. :)

setelah semua aplikasi telah selesai diinstal, restart mesin anda dan pasti anda tidak akan dapat masuk ke tampilan gnome..hehehehe ..... itu dikarenakan paket dari gnome-shell masih terdapat kerusakan. cara untuk mengatasinya adalah masuk ke direktori /var/log/packages dan hapus aplikasi gnome-shell. restart kembali mesin anda dan woalaaaaa anda berhasil masuk ke tampilan gnome walaupun lebih mirip ke gnome2 ... hohoho...

alhamdulillah saya menemukan artikel ini http://www.walecha.net/content/making-gnome-shell-works-again#axzz1sZyHxvOu dan berkesempatan untuk bertanya kepada yang punya situs melalui email. berhubung pertanyaan saya agak banyak dan kurang berbobot, jadi saya akan menuliskan hasil oprekannya saja..:)

pertama-tama saya coba instal js185 yang diambil dari http://slackbuilds.org/repository/13.37/libraries/js185/ dan melakukan instalasi juga terhadap paket gjs dan gnome-shell. setelah semuanya selesai, saya coba untuk menambah teh lagi karena teh saya sudah habis sambil melakukan restart pada mesin saya.

dan akhirnya foilllaaaaaaaaa........



info : sebenarnya tampilan gnome saya masih ada kekurangan, yakni pada saat memilih activities -> application sistem langsung crash dan harus dimatikan dengan paksa. Apabila anda berhasil melakukan instalasi gnome dengan mulus maka harap berbagi dengan yang lain... :)



2 komentar: