Senin, 09 Agustus 2010

UPGRADE UBUNTU MENGGUNAKAN CD ALTERNATE


Assalamu'alaikum
Beberapa bulan lalu ubuntu kembali merilis versi terbarunya yakni Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx) dan tentunya bisa didapatkan dengan Gratis ... :D. Bagi yang sudah menggunakan ubuntu versi sebelumnya bisa dapat langsung mengupgrade melaui Update Manager dengan resiko beban internetnya jadi membengkak karna harus mendownload file ratusan Mb yang kira2 memakan waktu sekitar 2 jam ...... :P

Tapi bagi yang gak punya koneksi internet atau yang Bandwicthnya gak nyampe bisa menggunakan CD Alternate atau file .ISOnya bisa didapatkan disini http://releases.ubuntu.com/lucid/ubuntu-10.04-alternate-i386.iso . Berarti harus konek juga dong ???Yups tapi bukan Linuxer namanya klo gak punya jalan keluar ....... :D Banyak cara untuk mendapatkannya, bisa nitip download diwarnet dengan biaya kira2 10rb atau bagi anda yg berada di Palu bisa mengcopy saya punya, dan klo mw yang benar2 gratis silahkan pesan di Shipit kemudian tunggu kira2 3 minggu sampai didepan pintu rumah anda ........ :D

Setelah anda selesai mendownload file tersebut silahkan burning ke cd,tapi jika anda tidak ingin memburning ke cd silahkan mount file .iso alternate dengan mengetik :
sudo mount -o loop ~/Desktop/ubuntu-10.04-alternate-i386.iso /media/cdrom0
Maka akan muncul kotak dialog Upgrade,Jika tidak Silahkan tekan ALT + F2 lalu ketikkan gksu "sh /cdrom/cdromupgrade"

WARNING !!! Proses ini memakan waktu sekotar 2 jam jadi jangan lupa untuk menyiapkan setermos Teh Panas beserta lawannya (Pisang goreng, Ubi goreng, nasi goreng, Bakso, Gado2, dll ... :D)
Klik Run Upgrade untuk memulai proses







Bagi anda yang mempunyai koneksi internet silahkan pilih Yes agar bisa langsung melakukan Update pada system, tapi bagi yang tidak punya silahkan pilih No. Updatenya lain kali aja ..... :D

   











Proses Upgrade sedang dimulai ...














Proses akan menampilkan daftar beberapa apliakasi yang tidak didukung oleh cannonical

 













Klik Mulai Penigkatan Versi












Klik Forward 












Forward lagi .... 












Pada Proses pembersihan akan ditampilkan paket yang sudah Usang,Sebaiknya anda memilih opsi hapus ... dan tunggu hingga proses selesai ...

 
 
 












Tadadddddddddddddd ........ nih hasil dari upgrade ke Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx dan waktunya untuk ngoprek ..... :D

2 komentar:

  1. Ebooknya mantapz bro... bisa mempermudah pengguna baru yang migrasi ke ubuntu :)

    BalasHapus