Rabu, 23 November 2011

web server on slackware13.37

Assalamualaikum...
Di pagi yang cerah ini dan ditemani lagunya David Foster-Winter Games *yang masih bajakan tentunya..... :( 
jari jari tanganku yang kayaknya "JEMPOL" semua kembali mengetik buat memperbanyak koleksi di blogku..... :D

yasudah tak perlu berlama lama lagi, tulisan untuk hari ini adalah setting web server dan kawan-kawan... selamat menikmati

Sekilas tentang web server
Server web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.


Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.

saat ini umumnya server web telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.

Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam Waring Wera Wanua, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut. (dari wikipedia)

Di distro Slackware13.37 sudah terdapat aplikasi web server httpd-2.2.21-i486-1_slack13.37 yang bisa anda lihat dengan perintah "ls /var/log/packages/ | grep httpd" jadi anda tinggal melakukan sedikit konfigurasi agar web server bisa berjalan dengan baik, berikut langkah-langkahnya :
- aktifkan settingan apache
  root@madesu:~#chmod 755 /etc/rc.d/rc.httpd
- jalankan apache
  root@madesu:~#apachectl -k start
 jika terdapat pesan httpd: Could not reliably determine the server's fully qualified domain name, using 127.0.0.1 for ServerName berarti service apache sudah jalan.
- beberapa instruksi dasar apache
  root@madesu:~#apachectl -k start (untuk menjalankan apache)
  root@madesu:~#apachectl -k stop (untuk menghentikan apache)
  root@madesu:~#apachectl -k restart (restart apache)
  root@madesu:~#apachectl configtest (mengetes konfigurasi apache)
- buka web browser dan ketik http://localhost jika muncul tulisan it works.... selamat anda berhasil... :D

Konfigurasi httpd.conf
Pada Slackware13,37 file konfigurasi terletak di /etc/httpd/httpd.conf.cekidot.... 
- gunakan teks editor kesayangan anda (vi,nano,pici,dll saya pake kwrite...hehehe) jangan lupa untuk mem-backup konfigurasi lama
  dengan perintah cp /etc/httpd/httpd.conf /etc/httpd/httpd.conf.asli.
  root@madesu:~#kwrite /etc/httpd/httpd.conf
- hal yang harus diubah
  server admin :
    ServerAdmin you@example.com (rubah dengan email anda)
  server name :
    #SeverName www.example.com (hilangkan tanda pagar dan ganti dengan situs anda jika web server anda online jika tidak biarkan saja)
  document root :
    DocumentRoot "/srv/httpd/htdocs" (ganti dengan folder pilihan anda)
    misal
    DocumentRoot "/home/handry/public_html"
  directory :
    ganti dengan direktori DocumenRoot (saya menggunakan "/srv/httpd/htdocs" sebagai folder situs saya)
  index :
    DirectoryIndex index.html menjadi DirectoryIndex index.html index.php agar file php dapat dibaca.
  include mod_php :
    #Include /etc/httpd/mod_php.conf (hilangkan tanda pagar agar halaman .php dapat berjalan)
    Include /etc/httpd/mod_php.conf
- restart apache 
  root@madesu:~#apachectl -k restart

Sampai disini web server di Slackware13.37 telah selesai dikonfigurasi silahkan buat file php dan simpan di dokumen root anda kemudian jalankan menggunakan web browser kesayangan anda.... Semoga bermanfaat... :D

2 komentar:

  1. wah asyik nich, kalau saya dulu ketika belum faham setting httpd - alternatifnya menginstall LAMPP :D

    he.. he... sekarang jadi faham setting apachenya.. tinggal PHPMyadminnya nich... :D

    BalasHapus
  2. hehehe.... klo phpmyadmin sy biasa downloadnya di http://slackbuilds.org/ trus compile nnt file binarynya akan disimpan di /tmp... kemudian jalankan sihir installpkg.... :D

    terima kasih kang udah berkunjung... :)

    BalasHapus